By Farizal Akbar

Hosting Gratis

Resensi Buku : Bahasa dan Sastra Indonesia BSE

Posted by Farizal Akbar On 21.50 No comments


Identitas

Judul buku                         :     Bahasa dan Sastra Indonesia kelas X SMA/MA
Penulis                                 :     Sri Utami
                                                      Sugiarti
                                                      Suroto
                                                      Alexander Sosa
Penerbit                              :     PT. Galang Puspa Mega
Tahun Terbit                      :     Juli 2008
Tebal Buku                         :      X + 174 halaman


         Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Bagi penulis (Sri Utami, Sugiarti, Suroto dan Alexander Sosa), hal ini kesempatan untuk menulis dan menyusun buku baru yang memuat isi tentang rangkuman sekaligus penjelasan bagi siswa – siswi kelas X.
         Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk kelas X SMA/MA ini dibuat berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Buku ini diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
         Seluruh standar kompetensi dalam kurikulum tertuang dalam buku ini. Standar kompetensi tersebut akan menjadi kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia.
         Pembelajaran Bahasa Indonesia ini  bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
         Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk kelas X SMA/MA dapat menjadi sarana untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut. Materi materi dalam buku ini terbagi dalam 12 tema. Kedua belas tema tersebut dibagi ke dalam dua semester. Pembagian 12 bab ke dalam dua semester ini dimaksudkan sebagai acuan bagi peserta didik.
         Banyak materi yang akan dibahas dalam buku ini yaitu : tentang puisi, imbuhan, membaca cepat fakta opini, kutipan dan masih banyak lagi. Selain itu pembahasan tentang puisi akan dibahas secara jelas dihampir setiap bab.Semua materi akan dibahas dalam buku kelas X ini.
         Selain itu, buku ini memiliki keungggulan yaitu : di awal bab terdapat tujuan mempelajari materi yang akan dibahas. Harga buku terjangkau. Disetiap materi terdapat evaluasi soal. Dan huruf dan ukuran bukunya cukup besar, sehingga mempermudah proses membaca. Disamping keunggulan, buku ini juga memiliki kekurangan yaitu : Gambarnya tidak berwarna, sehingga terkesan kurang menarik. Tidak diketahui biografi penulis/pengarang. Dan banyak materi yang diulang disetiap bab-nya.
         Buku Bahasa dan Sastra Indonesia ini juga dapat digunakan sebagai pedoman pembelajaran bahasa Indonesia kelas X. Dan dapat berguna bagi peserta didik yang kurang mampu, karena harganya sangat terjangkau.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account Blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).