By Farizal Akbar

Hosting Gratis

Klasifikasi Makhluk Hidup

Posted by Farizal Akbar On 16.30 2 comments

Klasifikasi Makhluk Hidup
Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu yang disebut takson. Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut taksonomi. Cara pembentukan atau penyusunan takson-takson disebut klasifikasi.
Selain melakukan penggolongan atau klasifikasi, dalam taksonomi juga dilakukan identifikasi atau determinasi (pengenalan). Melakukan identifikasi makhluk hidup berarti mengungkapkan identitas suatu makhluk hidup, yaitu menentukan nama yang benar dan tempat yang tepat dalam klasifikasi. Untuk melakukan identifikasi atau determinasi dapat digunakan kunci identifikasi atau kunci determinasi. Ilmu yang mengkaji jenis-jenis dan keanekaragaman makhluk hidup disebut sistematika.


A. TUJUAN KLASIFIKASI

Tujuan klasifikasi mekhluk hidup adalah mempermudah mempelajari, mengenali, mengelompokkan, dan membandingkan makhluk hidup yang jumlahnya sangat banyak dan beraneka ragam.
Mengenali adalah mendeskripsikan ciri-ciri yang dimiliki setiap jenis makhluk hidup. Mengelompokkan adalah menggolong-golongkan makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri yang sama. Membandingkan adalah mencari persamaan dan perbedaan ciri-ciri atau sifat yang ada pada makhluk hidup.
Dengan melakukan klasifikasi makhluk hidup kita juga dapat mengetahui adanya hubungan kekerabatan antar makhluk hidup. Semakin banyak persamaan yang dimiliki antar makhluk hidup berarti semakin dekat hubungan kekerabatannya.

B. DASAR-DASAR KLASIFIKASI

Persamaan yang dimiliki oleh makhluk hidup dijadikan dasar klasifikasi, meliputi persamaan morfologi, anatomi, fisiologi, dan biokimia.

1. Persamaan Morfologi
Klasifikasi terutama didasarkan pada ciri persamaan morfologi, yaitu ciri-ciri bagian luar tubuh makhluk hidup. Pada tumbuhan, ciri morfologi yang dapat digunakan antara lain bentuk daun, tulang daun, bentuk bunga, jumlah bagian-bagian bunga, bentuk atau keeping biji, bentuk pohon, dan bentuk buah. Pada hewan, ciri morfologi antara lain ruas ruas pada tubuh, bentuk alat gerak, jumlah kaki, bentuk paruh pada aves, dan jumlah sayap pada serangga.

2. Persamaan Anatomi
Persamaan anatomi dilihat dari ciri-ciri yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup. Ciri anatomi pada tumbuhan sebagai dasar klasifikasi antara lain ada tidaknya berkas pembuluh angkut (xylem dan floem), letak pembuluh angkut (menyebar atau mengelompok), dan ada tidaknya kambium. Ciri anatomi pada hewan misalnya ada tidaknya tulang belakang.

3. Persamaan Fisiologi
Persamaan fisiologi adalah persamaan fungsi faal yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Misalnya, persamaan dalam proses metabolisme, seperti pencernaan, respirasi, dan peredaran darah.

4. Persamaan Biokimia
Persamaan fisiologi dan biokimia sangat terkait dan sering sulit dipisahkan. Pada hewan, persamaan biokimia yang dapat digunakan untuk klasifikasi antara lain struktur protein, ada tidaknya enzim, ada tidaknya organel sel, ada tidaknya membran organel sel, dan asam nukleat (DNA atau RNA). Pada tumbuhan, dasar klasifikasinya antara lain persamaan zat-zat kimia yang terkandung dalam tubuh tumbuhan. Makhluk hidup yang memiliki morfologi berbeda tetapi memiliki persamaan biokimia, bisa berarti menunjukkan adanya hubungan kekerabatan.

C.TINGKATAN TAKSON DALAM KLASIFIKASI

Di dalam klasifikasi, makhluk hidup dipilah-pilah dan dikelompokkan menjadi golongan atau unit-unit tertentu yang disebut takson. Jadi, takson merupakan tingkatan klasifikasi. Tingkatan takson dari yang paling rendah sampai ke tingkat paling tinggi berturut-turut adalah spesies - genus - famili - ordo - kelas - divisi (untuk tumbuhan) atau filum (untuk hewan) - kingdom/dunia.
Anggota takson yang lebih rendah memiliki persamaan sifat lebih banyak dibandingkan anggota takson yang lebih tinggi.

1.Spesies (Jenis)
Spesies atau jenis merupakan tingkatan takson yang terendah. Makhluk hidup digolongkan dalam satu spesies jika secara alami dapat melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan yang fertile. Keturunan yang fertile artinya dapat melakukan perkawinan antar sesamanya dan menghasilkan keturunan kembali. Contoh spesies adalah orang utan (Pongo pygmaeus)


2.Genus (Marga)
Genus adalah tingkatan takson yang anggotanya terdiri dari beberapa spesies yang memiliki beberapa persamaan ciri. Misalnya, anjing (Canis familiaris) dan srigala (Canis nubilis), keduanya termasuk genus Canis.

3.Famili (Suku)
Famili adalah tingkatan takson yang anggotanya terdiri atas beberapa genus. Misalnya, genus Panthera (marga singa dan macan tutul) bersama dengan genus Felis (marga kucing rumah) dimasukkan ke dalam famili Felidae.

4.Ordo (Bangsa)
Ordo adalah tingkatan takson yang terdiri dari beberapa famili. Contohnya famili Felidae, Canidae, Ursidae membentuk ordo Carnivora.

5.Kelas
Kelas adalah tingkatan takson yang terdiri atas beberapa ordo, contohnya ordo Carnivora, Insectivora dimasukkan dalam satu kelas, yaitu kelas Mammalia.


6.Filum atau Divisi
Filum atau divisi adalah tingkatan takson yang terdiri atas beberapa kelas yang memiliki persamaan ciri. Contohnya, hewan yang tubuh dan kakinya bersegmen dimasukkan ke dalam filum Arthropoda.

7.Kingdom/Dunia
Tingkat takson tertinggi adalah kingdom atau dunia. Contohnya semua hewan dimasukkan ke dalam kingdom animalia dan semua tumbuhan dimasukkan ke dalam kingdom plantae.

incoming search items :
ciri-ciri genus canis

2 komentar:

On the subject of spеnding budget, you can find any designed fees аs well aѕ the out-οf-the-oгdinary expenseѕ of which slip togetheг stеalthily getting uѕ all
utteгly іnnocent. One example is, уou can skin having а to ѕee a particular ѕuffering whеn comparing together with fаmily unit aѕ
well as uρdate the actual plumbing relatеd at youг
house. Your сaг or truck might disintеgrate and may also demand
key maіntenancе taѕks or
еven you will or perhaps аll yοuг familу
members mеmbеr can tumble ill requirіng rаpid meԁical
attention. Αll theѕe requirе a cost in your budget and
dіscoѵer need іnstant гeνenue tο tide an individual аcrosѕ гight up till your future
pay ԁay advance. Web sites useful cash аdvаncе loаns to аid purchaserѕ cope wіth fiѕcallу distгessing preԁіcaments.



excelѕ within correspondіng the ideal lеnder together wіth the buуer inside will ωаnt.
We tend to understand the benefit ωith using the sеrvicеs of creditors who sadly are wеll-peгformіng, professionаl aѕ
ωell aѕ ethical. Most of us have consіdeгable time
verificаtiоn provіders desіgned foг skills
ahеad of inсluding all of them ωith our multilevel.
Pгesеnt а good console to decide on the pгoper financial inѕtitution dependant оn
your unіque preferences.

Looκ into my weblog ... pozyczka przez internet

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account Blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).