By Farizal Akbar

Hosting Gratis

Alkisah Flashdisk

Posted by Farizal Akbar On 10.14 No comments


Selamat pagi bapak, ibu, om, tante, mas-mas, adek-adek, dan banci-banci, hehe.. Nih saya ga ada kerjaan pas liburan, pergi ke HT sama bokap (bukan bokep ya !! hehe) disana pas saya nemuin nih kisah kisahnya flashdisk. Ya gitu coy, Alkissah saya ketik disini (Blo’on, coy) bagaimana kisah kisah flashdisk ? yah langsung saja kita lihat di T…K…P !
Berbagai flashdisk

Flashdisk adalah alat penyimpan data yang bersifat portable. Kapasitasnya lebih besar daripada disket yang hanya 1,44 Mb.
Alkisah, dikenal suatu alat penyimpan data bernama Flash Memory. Alat ini digunakan untuk meyimpan BIOS di motherboard komputer. Karena harganya yang sangat dan semakin murah, para ahli memodifikasinya menjadi sistem penyimpan data portable, mirip disket. Maka, muncullah sebutan flashdisk.
Flashdisk mulai dipasarkan oleh IBM pada 2001 di Amerika. Saat itu kapasitasnya hanyam mencapai 8 Mb. Kemudian, pada 2003 telah berkembang menjadi 64 Mb. Hingga saat ini belum bisa dipastikan siapa yang kali pertama berusaha memunculkan alat ini. Tiga perusahaan berselisih mengaku bahwa merekalah yang kali pertama mempunyai peran, yaitu M-sistems, Trek 2000, dan Netac. Namun, siapa pun mereka, yang jelas hasil kreativitasnya cukup berguna bagi kemudahan menggunakan teknologi sekarang ini.
Teknologi ini menggunakan jalur USB (Universal Serial Bus, coy) yang dipadukan dengan teknologi Flash Memory. Beberapa produk USB Storage Media lain adalah MP3 Player, Pendrive, Thumbdrive, SD Card, Compact Flash, dan MMC. USB sendiri memungkinkan kita untuk mengubungkan Eksternal Device yang lain ke komputer, seperti scanner, kamera digital, handphone, dan printer.
Keberadaan Flashdisk sejak awal 2006 cukup menjamur coy.
Berbagai fitur dan ukuran terjual di mana-mana. Kapasitas dan fungsi yang ditawarkan pun bermacam-macam. Benda ini berhasil menggeser alat penyimpan data sebelumnya (disket, coy) karena konstruksinya lebih menjamin keamanan data yang kita simpan dan proses transfer data lebih cepat. Selain itu, bentuk dan ukurannya yang mungil memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan disket. Sekedar perbandingan, kapasitas flashdisk yang minimum sekarang 1GB bahkan kayaknya sudah lawas tuh 1GB, yahh sekarang minimal 2GB. Tapi anak anak di sekolah rata rata 4 giga-an coy, hehe. Hitung aja berapa kalinya disket tuh yang 1,44 Mb ke 2GB… sejauh jauh ke planet neptunus coy..
CD atau DVD memang bisa digunakan untuk menyimpan data, bahkan kadang mempunyai kapasitas lebih besar daripada flashdisk. Akan tetapi, portabilitasnya kurang begitu mendukung. Selain itu, CD atau DVD rentan terhadap goresan sehingga bisa mengakibatkan kerusakan data yang dimiliki.
Namun demikian, jangan pernah beranggapan USB flashdisk tidak perlu perhatian lebih. Sebab, bila terjadi kerusakan, data-data penting akan hilang.
-Semoga bermanfaat-

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account Blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).